Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Rp 1,2 juta 2022 (BRI & BNI)

BLT UMKM yang dinantikan oleh pebisnis kecil-menengah masih disalurkan oleh pemerintah pada kuartal 1 Januari hingga Maret 2022. Jumlah bantuan yang cair mencapai Rp1,2 juta. Untuk tutorial cara cek bantuan UMKM, kamu hanya perlu mengakses laman e-form BRI UMKM atau banpresbpum.

Akan tetapi, tentu saja tidak semua pelaku UMKM mendapatkan bantuan dana BLT UMKM 2022. Jika termasuk ASN, anggota TNI/Polri, dan pegawai BUMN atau BUMD, maka kamu bukan termasuk penerima bantuan.

Selain syarat khusus yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa syarat atau kriteria untuk mendapatkan BLT UMKM.

Syarat Untuk Menerima BLT UMKM

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
  • Memiliki usaha mikro yang telah dibuktikan dengan surat usulan calon penerima dan pengusul BPUM.
  • Penerima tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya.
  • Sedang mencari pekerjaan atau pekerja yang mengalami PHK.
  • Hanya bisa mendapatkan bantuan untuk 2 anggota keluarga dalam satu kartu keluarga.
  • Bukan berasal dari anggota Polri/TNI, ASN, BUMN, maupun BUMD.

Jika sudah memenuhi syarat atau kriteria di atas, silakan cek kembali apakah namamu masuk dalam daftar penerima bantuan BLT UMKM 2022 atau belum.

Selain melalui online, cara cek bantuan UMKM ini juga bisa dicek melalui SMS. Beberapa penerima bantuan juga akan di SMS oleh bank penyalur bahwa mereka masuk dalam daftar penerima BLT UMKM.

Untuk cara cek bantuan melalui SMS tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menunggu pesan masuk yang menyatakan bahwa dirimu terdaftar sebagai penerima bantuan. Jika sudah mendapatkan pesan tersebut, segera melakukan verifikasi ke bank penyalur yang sudah ditentukan.

Jika hingga saat ini kamu masih belum menerima pesan dari bank penyalur manapun mengenai bantuan UMKM tersebut, barulah cek melalui laman resmi yang telah disediakan oleh pihak bank penyalur.

Tak hanya melalui bank BRI, cara cek bantuan UMKM bisa juga melalui laman resmi yang telah disediakan oleh bank BNI. Apakah ada bank lain selain BRI dan BNI? Jawabannya adalah tidak ada.

Hanya ada dua cara untuk mengecek namamu di daftar penerima BLT, yaitu melalui bank BRI di e-form BRI UMKM dan banpresbpum dari BNI. Untuk cara cek bantuan UMKM online bagi nasabah BRI dan BNI, berikut langkah selengkapnya.

Cara Cek Bantuan UMKM Online Dari HP

Berikut ini adalah cara untuk cek bantuan UMKM online secara mudah melalui bank BNI dan BRI yang bisa dilakukan dengan hp android.

A. Melalui BRI

  1. Akses ke situs eform.bri.co.id/bpum di browser
    halaman eform.bri.co.id bpum
  2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi yang tertera
    Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi
  3. Kemudian klik Proses Inquiry.
    klik Proses Inquiry
  4. Jika berhasil, akan muncul informasi apakah namamu terdaftar menjadi penerima BLT UMKM program BPUM tahun ini atau tidak.

Apabila dinyatakan lolos akan muncul laman berwarna hijau yang menyatakan bahwa pelaku UMKM dengan NIK tersebut terdaftar sebagai penerima BLT BPUM.

B. Melalui BNI

  1. Akses ke situs https://banprebpum.id/.
  2. Masukkan nomor KTP.
  3. Kemudian pilih “Cari”.
  4. Barulah akan muncul apakah namamu menjadi terdaftar penerima BLT UMKM program BPUM tahun ini atau tidak

Apabila nama kamu sudah terdaftar, dana bantuan masih belum dicairkan pada saat itu juga. Kamu masih harus menunggu pesan SMS pemberitahuan, yang menyatakan bahwa dana BLT UMKM sudah bisa dicairkan di bank penyalur yang telah ditentukan.

Itu tadi adalah cara cek bantuan UMKM BRI melalui laman resmi yang telah disediakan oleh bank tersebut. Ingat, bank penyalur untuk bantun BLT UMKM tahun 2022 kali ini hanya ada dua, yaitu BRI dan BNI.

Selain BRI, kamu juga bisa menggunakan cara cek bantuan UMKM BNI. Lalu, bagaimana cara untuk mencairkan dana tersebut?

Nah, cara untuk mencairkan dana BLT UMKM memiliki beberapa syarat atau dokumen penting yang harus dibawa ketika kamu ingin mencairkan dana bantuan ke bank penyalur.

Syarat Untuk Mencairkan BLT UMKM 2022

Syarat Untuk Mencairkan BLT UMKM 2022
  • Buku tabungan
  • Kartu ATM
  • KTP Elektronik
  • Surat pernyataan yang ditandatangani oleh aparat desa setempat
  • Menunjukkan SMS pemberitahuan Banpres Produktif (BPUM) sendiri

Lalu, bagaimana jika kamu bukan nasabah dari salah satu bank penyalur? Tenang, kamu masih bisa untuk mencairkan dan bantuan tersebut selama kamu telah mendapatkan pesan pemberitahuan BPUM bahwa kamu telah terdaftar sebagai penerima bantuan BLT UMKM.

Jangan lupa untuk membawa data diri yang lain seperti KTP elektronik asli dan surat pernyataan yang ditandatangani oleh aparat desa setempat.

Oleh pihak bank penyalur, nantinya kamu juga akan diminta untuk mengisi Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) sebagai syarat pencairan dana bantuan.

Jadi jangan khawatir, meskipun kamu tidak termasuk nasabah dari salah satu bank penyalur, kamu masih bisa untuk mencairkan dana bantuan tersebut.

Selain memberikan cara cek bantuan UMKM online, ada juga cara untuk reservasi online. Cara ini sangat membantu karena kamu tidak perlu lagi berlama-lama untuk mengantre pada saat mencairkan dana bantuan.

Jika kamu malas atau tidak punya banyak waktu untuk antre dalam mencairkan bantuan UMKM, kamu bisa juga melakukan reservasi online lewat BPUM Reservation System.

Sistem reservasi online ini dikembangkan oleh pihak bank BRI untuk memudahkan penerima bantuan dalam mencairkan dana bantuan tersebut.

Jadi, penerima bisa memilih Unit Kerja Operasional (UKO) atau bank secara online. Sehingga penerima bantuan bisa lebih mudah mengunjungi UKO BRI tanpa antre.

Reservasi Online Melalui BPUM Reservation System

BPUM Reservation System melalui e-form BRI.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan layanan BPUM Reservation System melalui e-form BRI.

  1. Akses situs eform.bri.co.id/bpum melalui browser kamu.
  2. Isi NIK dan kode verifikasi yang tertera.
  3. Pilih Proses Inquiry.
  4. Jika yang muncul adalah laman berlatar hijau dengan pernyataan bahwa NIK yang kamu isi terdaftar menjadi penerima bantuan, maka kamu akan diarahkan ke halaman reservasi.
  5. Kemudian isi kolom yang tersedia, seperti NIK, Provinsi, Kota Kabupaten, Unit Kerja dan Jadwal Antrian.
  6. Jika sudah terisi, kemudian isi kembali kode verifikasi yang tertera.
  7. Penerima kemudian tinggal mendatangi UKO sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih
  8. Jika kamu melewati jadwal yang telah ditentukan, kamu harus melakukan reservasi ulang dengan langkah-langkah yang sama

Tapi, bagaimana jika ternyata namamu belum terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM? Tidak usah kecewa karena ternyata kamu bisa juga mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan BLT UMKM 2022 sebesar Rp1,2 juta ke dinas koperasi dan UMK di daerah masing-masing.

Kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi penerima bantuan UMKM di tahap berikutnya. Cara pendaftarannya juga bisa melalui online maupun offline.

Panduan Untuk Daftar Peserta BLT UMKM

Daftar Peserta BLT UMKM

Selain cara cek bantuan UMKM lewat HP, simak juga cara pendaftaran menjadi peserta penerima BLT UMKM secara online maupun offline berikut ini.

Pemerintah terus mengupayakan untuk memberikan bantuan dana kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi melalui program-program seperti, meluncurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 1,2 juta.

Pemerintah memberikan bantuan tersebut kepada para pelaku usaha mikro yang belum pernah mendapatkan bantuan atau juga belum tersentuh kredit perbankan manapun. Untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta BLT UMKM ini bisa dilakukan secara online maupun offline.

Jika kamu berminat untuk melakukan pendaftaran secara offline, maka kamu harus mendatangi atau mengajukan langsung ke Dinas Koperasi dan UKM setempat di tingkat kabupaten/kota.

Sebagai informasi juga bahwa ada beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah mendaftarkan pelaku usaha UMKM setempat secara online. Calon penerima BLT UMKM ini diusulkan oleh dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UKM di tingkat kabupaten/kota.

Kebenaran data dari usulan calon penerima ini menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM, yaitu dinas yang terkait. Kemudian usulan tersebut diteruskan kepada Kementerian Koperasi dan UKM.

Pengusulan calon penerima BLT UMKM dilakukan juga berdasarkan dengan kategori yang diutamakan sebagai penerima BLT UMKM.

1. Kategori yang Diutamakan Menjadi Penerima BLT UMKM

Ada tiga kategori yang diutamakan untuk menjadi penerima BLT UMK, yaitu:

  • Pertama, pelaku usaha mikro yang usahanya terdampak akibat pandemi, tetapi sudah menerima bantuan di tahun sebelumnya
  • Kedua, pelaku usaha yang sama sekali belum menerima bantuan
  • Ketiga, pelaku usaha yang sudah diusulkan akan tetapi masih dalam tahap proses

Bagi yang sudah menerima bantuan BLT UMKM pada tahun sebelumnya memang bisa jadi menerima bantuan kembali. Akan tetapi, tidak semua bisa mendapatkannya.

Hal tersebut dikarenakan dari Kementerian Koperasi dan UMK sendiri telah melakukan evaluasi terhadap penerima bantuan pada tahun 2021 yang masih ada kekurangan.

Salah satunya adalah penerima bantuan yang masih salah sasaran. Sehingga penerima tersebut tidak mendapatkan kembali di tahun ini dan akan dibersihkan datanya.

2. Daftar ke Dinas Terkait

Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk semua dinas. Ada pihak dinas di beberapa daerah yang masih mengharuskan pelaku usaha datang langsung ke dinas terkait untuk melakukan pendaftaran penerima bantuan BLT UMKM.

Jika kamu ingin mendatangi pihak dinas terkait untuk mengajukan pendaftaran penerima bantuan BLT UMKM, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen yang wajib kamu bawa.

Dokumen tersebut berguna untuk melengkapi data yang digunakan dinas terkait untuk menyalurkan data tersebut ke Kementerian Koperasi dan UKM. Data atau dokumen yang wajib kamu bawa yaitu sebagai berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan yang sesuai dengan KTP Elektronik
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nama Lengkap
  • Alamat
  • Bidang Usaha
  • Nomor telepon

Selain itu, dipastikan juga bahwa kamu telah memenuhi syarat penerima dari bantuan BLT UMKM. Apabila dokumen dan syarat telah terpenuhi, maka pihak dinas terkait akan memverifikasi dan mengecek data tersebut baru kemudian menyalurkan ke Kementerian Koperasi dan UKM.

3.  Daftar Online

Jika kamu lebih suka melakukan pendaftaran melalui online, kamu bisa mengakses melalui laman resmi di https://oss.go.id dengan cara sebagai berikut.

a. Mengajukan Permohonan Perizinan Berusaha Untuk Skala Kecil atau Mikro Bagi Perseorangan

  • Masuk ke laman resmi daftar online UMKM yaitu di https://oss/.go.id. Masuk dengan menggunakan akun yang telah terdaftar.
  • Kemudian klik pilih menu Perizinan Berusaha, lalu klik Perseorangan.
  • Setelah itu, kamu bisa memilih skala untuk usaha mikro atau kecil sesuai dengan skala usahamu.
  • Jika usahamu termasuk dalam skala mikro pilih tombol Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro. Sebaliknya, jika usahamu masuk dalam skala kecil pilihlah tombol Pendaftaran NIB Perseoranan Kecil.

b. Masuk ke Tahap Proses Pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Izin Usaha

  • Lengkapi data atau informasi yang ada pada formulir Data Profil. Jika sudah, baru kemudian klik pada tombol Simpan lalu tombol Lanjutkan.
  • Setelah itu, akan muncul halaman mengenai Profil Data Usaha. Pada halaman ini, pilih tombol Tambah Usaha. Kemudian isi data yang disediakan sesuai dengan profil usaha yang kamu miliki.
  • Jika kamu memiliki usaha lebih dari satu, kamu bisa kembali lagi pilih tombol Tambah Usaha dan mengisi formulir seperti sebelumnya. Setelah semua data terisi, baru kemudian klik tombol Simpan, dan klik tombol Selanjutnya.
  • Yaitu mengisi formulir Data Usaha yang tertera sesuai dengan data usaha yang kamu miliki. Jika sudah semua, baru klik tombol Selanjutnya.
  • Setelah itu, akan muncul halaman Komitmen Prasarana Usaha. Pada halaman ini, kamu bisa melakukan pengajuan permohonan izin lokasi dan lingkungan bagi usaha skala kecil jika hal itu diperlukan.
  • Setelah isi semua formulir tersebut, baru kemudian klik tombol Selanjutnya.
  • Kemudian akan muncul tampilan mengenai rangkuman data yang telah kamu isi tadi, seperti NIB (Nomor Induk Berusaha) dan Izin Usaha, serta Izin Lokasi dan Izin Lingkungan bagi usaha skala kecil apabila diperlukan.
  • Setelah dirasa data yang kamu isi telah benar, baru kemudian klik Proses NIB.
  • Setelah itu, kamu bisa cek kembali data yang kamu punya lebih detail melalui tombol yang bertulisan Preview Izin Usaha QR. Selain itu, dengan format QR ini juga kamu bisa mencetak Izin Usaha yang telah kamu buat.

c. Izin Komersial atau Operasional

  • Pilih menu Permohonan kemudian pilih IUMK lalu pilih Izin Komersial atau Operasional.
  • Kemudian klik ke nomor NIB atau Nama Kegiatan Usaha yang kamu punya baru kemudian pilih tombol NIB.
  • Setelah itu, akan muncul halaman yang berisi daftar kegiatan usaha yang kamu miliki baru kemudian klik tombol Pilih Kegiatan Usaha.
  • Selanjutnya akan muncul formulir Izin Komersial atau Operasional. Disini kamu bisa memilih Izin Komersial atau Operasional yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usaha yang kamu jalankan. Kemudian lengkapi data yang sesuai pada formulir tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan draft mengenai Izin Komersial atau Operasional. Kemudian klik pada tombol Preview Izin untuk melihat tampilan draft Izin Komersial atau Operasional yang telah dipilih tadi.
  • Baru kemudian kamu bisa klik tombol lanjut lalu simpan.

Jadi itu tadi informasi mengenai pendaftaran penerima bantuan BLT UMKM baik melalui offline maupun online.

Bantuan Pemerintah Tahun 2022

Ternyata, di tahun 2022 ini terdapat beberapa bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Tak hanya bantuan untuk para pelaku usah kecil dan menengah atau BLT UMKM, melainkan ada pula bantuan sosial lain yang diberikan khususnya bagi para karyawan.

Salah satu bantuan sosial yang didapatkan oleh para karyawan adalah BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai. Bantuan tersebut berisi sembako sebesar Rp200 ribu per bulan atau Rp2,4 juta per tahun.

BNPT ini merupakan program dari Kemensos dengan tujuan untuk menciptakan ketahanan pangan masyarakat kurang mampu melalui bantuan sembako. Kamu bisa juga cek daftar penerima bantuan BNPT ini melalui 2 situs, yakni cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id.

Jadi, itu tadi mengenai cara cek bantuan UMKM yang diberikan pemerintah pada tahun 2022 dan informasi lainnya mengenai BLT UMKM serta bantuan sosial lainnya yang diberikan. Semoga bermanfaat dan bantuan yang didapat bisa mengurangi dampak dari pandemi Covid-19 saat ini