Cara Daftar UMKM Online 2022 Resmi (Lewat HP Android)

Pemerintah Indonesia mengeluarkan bantuan UMKM untuk menunjang kebutuhan para pelaku usaha. Hal ini membuat banyak pelaku usaha mencari informasi terkait cara daftar UMKM. Terlebih lagi, di era modern seperti sekarang ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan secara online.

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha berukuran kecil dengan modal sedikit.

Penggolongan ketiga kategori tersebut berdasarkan omzet yang dihasilkan per tahunnya.

Untuk mendapatkan bantuan UMKM tersebut, kamu dapat mengurusnya dengan memenuhi beberapa persyaratan dokumen yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut nantinya dapat kamu unggah dan daftarkan secara online. Simak informasi terkait cara daftar UMKM online di bawah ini!

Penggolongan UMKM di Indonesia

Sebelum membahas mengenai terkait cara daftar UMKM, alangkah baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu berbagai penggolongan UMKM yang ada di Indonesia.

Tujuan digolongkannya jenis-jenis UMKM ini agar para pelaku usaha dapat mengetahui jenis usaha yang sedang kamu jalankan.

1. Usaha Mikro

Usaha mikro adalah suatu usaha yang dijalankan oleh individu atau perorangan maupun badan usaha dengan omzet per tahunnya sekitar Rp300 juta dan total keseluruhan aset bisnisnya setiap tahun mencapai Rp50 juta.

Contoh UMKM yang tergolong ke dalam jenis ini yaitu seperti pedagang kecil di pasar tradisional, pedagang asongan, usaha pangkas rambut, dan sebagainya.

2. Usaha Kecil

Sedangkan usaha kecil merupakan usaha yang dijalankan oleh individu atau perorangan maupun badan usaha dan bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan tertentu dengan kekayaan bersih per tahunnya mencapai Rp50 juta hingga Rp500 juta.

Sedangkan untuk omzet penjualan per tahunnya antara 300 juta rupiah sampai dengan 2,5 miliar rupiah. Contoh UMKM jenis ini seperti usaha fotocopy, rumah makan kecil, usaha katering, dan sebagainya.

3. Usaha Menengah

Sementara itu, usaha menengah yaitu usaha yang dijalankan oleh individu atau perorangan maupun badan usaha dan bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan tertentu dengan omzet per tahunnya lebih dari 2,5 miliar rupiah sampai dengan 50 miliar rupiah.

Contoh UMKM yang termasuk ke dalam jenis ini seperti pabrik roti skala rumahan, toko bangunan, dan sebagainya.

Tutorial Lainya : Cara Cek Bantuan UMKM Lewat HP Rp 1,2 juta 2022 (BRI & BNI)

Cara Daftar UMKM Online dan Bisa Lewat HP Android

Cara Daftar UMKM Online dan Bisa Lewat HP Android

Jika semua persyaratan dokumen untuk melakukan cara daftar UMKM melalui online telah diselesaikan, kamu sudah bisa melakukan pendaftaran bantuan UMKM melalui online. Bahkan, pendaftaran tersebut bisa kamu lakukan secara online melalui perangkat smartphone milik kamu.

Walau tergolong cukup mudah dan dapat dilakukan secara online serta gratis, namun kamu juga perlu melakukannya secara benar dan teliti agar proses pendaftaran yang kamu lakukan berhasil dan tidak sia-sia. Berikut tahapan cara daftar UMKM secara online yang perlu kamu lakukan antara lain:

  1. Kunjungi halaman resmi OSS di link oss.go.id.
    link oss go id
  2. Kemudian login dengan akun yang telah dimiliki, jika belum memiliki akun bisa lakukan registrasi terlebih dahulu di menu registrasi.
    login dengan akun
  3. Jika telah berhasil login, kamu bisa langsung klik tombol perizinan berusaha dan pilih perseorangan.
  4. Selanjutnya pilih menu pendaftaran NIB dan sesuaikan dengan usaha yang dimiliki oleh pendaftar.
  5. Kemudian isilah data secara lengkap dan benar.
  6. Jika telah mengisi data dengan benar, maka klik tombol simpan dan lanjutkan.
  7. Selanjutnya klik tombol tambah usaha, kemudian isilah bagian formulir data usaha yang belum dilengkapi sebelumnya.
  8. Periksa kembali data yang telah dimasukan secara lebih teliti. Jika sudah sesuai, maka klik tombol simpan dan lanjutkan.
  9. Bagi yang memiliki usaha dengan skala kecil, kamu bisa sekalian mengajukan izin lokasi dan lingkungan pada bagian formulir komitmen prasarana usaha yang tersedia di halaman situs.
  10. Proses selanjutnya adalah berikan rangkuman data yang telah diisi sebelumnya oleh pendaftar, kemudian ceklis pada kotak disclaimer dan klik proses NIB untuk proses terakhir.

Panduan Lainya : Begini Cara Daftar BPUM BRI Online & Offline Tahap 3 1,2 Juta

Pengumuman Pendaftaran

Setelah semua tahapan cara daftar UMKM telah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya pendaftar menunggu pengumuman resminya. Biasanya, pemerintah akan mengumumkan penerimaan bantuan tersebut di dua link yang dapat di akses pendaftar.

Beberapa link tersebut yaitu dapat melalui situs resmi bank yang digunakan sebagai penyalur bantuan tersebut seperti bank BRI maupun bank BNI.

Untuk pengecekan bantuan UMKM melalui link BRI, kamu dapat mengeceknya melalui eform.bri.co.id, sedangkan untuk pengecekan melalui link bank BNI, kamu dapat melihatnya melalui banpresbpum.id. Hal ini juga membuat banyak orang yang mencari info cara daftar UMKM BRI.

Syarat Untuk Daftar UMKM Terbaru 2022

Syarat Untuk Daftar UMKM Terbaru 2022

Setelah kamu mengetahui penggolongan berbagai jenis UMKM di Indonesia, kamu juga perlu mengetahui berbagai syarat yang diperbolehkan untuk mengikuti program pemerintah ini. Pasalnya tidak semua warga Indonesia bisa mendaftar sebagai peserta bantuan UMKM.

Adapun berbagai syarat yang telah ditentukan pemerintah untuk dapat mendaftar program bantuan UMKM yaitu sebagai berikut:

  • Pendaftar merupakan WNI (Warga Negara Indonesia) asli dan bukan merupakan WNA (Warga Negara Asing).
  • Sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Pendaftar adalah salah seorang pelaku usaha yang memiliki usaha mikro.
  • Pendaftar tidak terdaftar sebagai pegawai BUMN, BUMD, PNS, dan TNI/POLRI.
  • Memiliki alamat usaha berbeda dengan alamat domisili yang tertera di KTP maka pendaftar wajib melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha).
  • Pendaftar tidak terlibat KUR (Kredit Usaha Rakyat) atau dalam masa pinjaman di Bank manapun.

Sedangkan untuk syarat dokumen yang perlu kamu siapkan untuk cara daftar UMKM lewat online yaitu sebagai berikut:

  • Pendaftar harus melampirkan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Wajib melampirkan fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Pendaftar harus memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk dilampirkan.
  • Pendaftar harus melampirkan foto usaha miliknya.
  • Mengurus SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab) yang dibuat di Dinas Koperasi dan UMKM daerah setempat.
  • Pendaftar harus menunjukkan bukti kepemilikan usaha dengan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Izin Berusaha (NIB) atau Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Cara Terkait : Begini Cara Cek Bansos Kemensos Go Id Covid Tahun 2022

Cara Membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online

Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan syarat dokumen yang perlu kamu siapkan untuk cara daftar UMKM melalui online. Bagi kamu yang belum memilikinya, kamu dapat membuatnya melalui online secara mudah dan gratis.

Namun sebelum kamu melakukan pendaftaran NIB melalui online, ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu kamu urus untuk dilampirkan dalam proses pendaftaran online nantinya. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Pendaftar telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (KTP) untuk dijadikan syarat pembuatan user ID nantinya, namun jika UMKM merupakan badan usaha maka NIK yang dimasukan merupakan NIK dari pemilik atau penanggung jawab badan usaha tersebut.
  2. Pendaftar yang merupakan Perseroan Terbatas (PT), koperasi, yayasan, Curriculum Vitae (CV), firma dan persekutuan perdata harus secara resmi mengesahkan usaha yang dimilikinya di Kementerian Hukum dan HAM. Peresmian tersebut dapat dilakukan melalui AHU online.
  3. Sedangkan untuk pendaftar yang merupakan perum atau badan hukum lainnya dan merupakan milik negara, pendaftar harus menyiapkan dasar pembentukan badan usaha yang dimilikinya.

Maka setelah semua persyaratan dokumen telah diselesaikan, kamu dapat langsung membuat NIB secara online. Kamu juga bisa mencoba cara daftar UMKM online 2022 lewat HP jika tidak punya laptop atau PC.

Tutorial Terkait : Cek Penerimaan Bansos PKH Praktis Hanya Lewat Hp!

Tahapan NIB

Adapun beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk mendaftarkan NIB secara online adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi halaman resmi OSS di link berikut oss.go.id/oss.
  • Kemudian jika sudah berhasil masuk ke halaman tersebut, klik menu daftar yang terletak di pojok kanan atas.
  • Isi data diri kamu secara lengkap dan lakukan pendaftaran akun.
  • Jika telah berhasil melakukan pendaftaran akun, lakukanlah proses aktivasi akun melalui tombol aktivasi yang telah disediakan.
  • Selanjutnya, kamu bisa masuk kembali ke akun OSS dan isi data yang diperlukan.
  • Jika telah selesai, kamu bisa masuk kembali ke halaman utama OSS dan masuk dengan email dan password yang telah kamu gunakan untuk proses pendaftaran sebelumnya.
  • Setelah kamu berhasil masuk ke akun, kamu bisa klik menu perizinan mikro dan klik pengajuan baru.
  • Kemudian isilah semua data yang diperlukan untuk membuat NIB, kemudian klik simpan data apabila kamu telah selesai mengisi semua data yang diperlukan.
  • Selanjutnya jika telah selesai, kamu dapat mengunduh NIB dengan klik simpan dan lanjutkan.
  • Proses terakhir yaitu kamu bisa klik tombol proses NIB dan ikuti langkah-langkah yang telah disediakan. Setelah itu, klik tombol NIB untuk dapat menerbitkan NIB yang telah diajukan sebelumnya.

Cara Membuat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) Melalui Online

Selain Nomor Induk Berusaha (NIB), untuk dapat melakukan cara daftar UMK secara online, kamu juga perlu melampirkan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Tanpa surat ini kamu tidak akan bisa melakukan cara daftar UMKM melalui online. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena IUMK juga dapat dibuat melalui online secara mudah dan gratis. Bagi kamu yang ingin membuat IUMK secara online ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi halaman resmi OSS di link oss.go.id/oss dan buka formulir pendaftarannya.
  • Jika telah memiliki akun OSS sebelumnya maka kamu bisa langsung login ke website resmi IUMK online.
  • Selanjutnya, pilih menu perizinan berusaha dan klik pembuatan izin perorangan yang tertera di halaman tersebut.
  • Kemudian isilah data secara lengkap dan sesuai data KTP yang kamu miliki, lalu klik simpan dan klik tombol selanjutnya.
  • Setelah itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikutnya yang telah disediakan.
  • Untuk bagian formulir komitmen prasarana usaha, kamu bisa melakukan pengajuan permohonan izin lokasi dan lingkungan jika dipersyaratkan, kemudian klik tombol selanjutnya untuk mengikuti tahapan selanjutnya.
  • Kemudian setelah semua proses selesai dilakukan, pada tampilan NIB dan izin usaha, kamu bisa melihat bagaimana cetakan dokumen jadinya nanti. Kamu bisa mencetaknya dalam format QR melalui tombol preview izin usaha QR yang telah disediakan di halaman tersebut.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) Melalui Online

Untuk dokumen lainnya yang perlu kamu siapkan untuk cara daftar UMKM 2022 melalui online yaitu salah satunya Surat Keterangan Usaha (SKU). Dokumen ini harus disiapkan khusus untuk kamu yang memiliki alamat usaha berbeda dengan alamat domisili di KTP.

Surat Keterangan Usaha (SKU) ini, bisa kamu dapatkan melalui kantor kelurahan atau kepala desa setempat. Kemudian SKU tersebut nantinya akan disahkan oleh pihak kecamatan setempat sebagai salah satu bukti yang dibutuhkan untuk syarat pengajuan bantuan UMKM.

Pasalnya di dalam SKU yang telah disahkan oleh pihak kecamatan, terdapat keterangan mengenai status kamu sebagai warga penduduk wilayah tersebut, dan juga menerangkan bahwa memang benar kamu memiliki usaha di wilayah tersebut serta tertera pada Surat Keterangan Usaha (SKU).

Namun sebelum kamu ajukan ke kantor kelurahan, kamu harus memiliki surat pengantar terlebih dahulu yang telah ditandatangani oleh pihak RT dan RW. Untuk mendapatkan surat pengantar dari pihak RT dan RW, kamu harus melampirkan KTP dan KK milik kamu yang kemudian kamu serahkan.

Kemudian pihak RT dan RW akan membuatkan surat pengantar untuk kamu bawa ke kantor kelurahan tempat kamu tinggal untuk dapat menerbitkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Manfaat Mengikuti Program Bantuan Pemerintah UMKM

Program Bantuan Pemerintah untuk para pelaku usaha banyak memiliki manfaat yang beragam untuk para pelaku usaha kecil khususnya. Bantuan ini diberikan pemerintah secara gratis dengan jumlah lumayan besar yaitu 1,2 juta rupiah per orangnya.

Program pemerintah ini pun diharapkan  dapat menjadi solusi dan tambahan modal bagi para pelaku usaha yang tetap bertahan dengan pemasukan yang kecil, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain itu, para pelaku usaha juga dapat bertahan menjalankan usaha miliknya dengan modal usaha yang diberikan pemerintah. Bahkan, modal usaha tersebut juga dapat menjadi potensi dibukanya usaha lainnya.

Hal inilah yang nantinya bisa membuka lapangan kerja baru yang dapat memberikan solusi bagi para korban karyawan yang terkena PHK pada masa pandemi yang belum berakhir ini.

Sebelum terjadinya masa pandemi yang telah dialami beberapa tahun terakhir ini, banyak para pelaku usaha mengeluhkan berbagai masalah yang timbul dan muncul setelahnya. Munculnya kebijakan PPKM dan PHK di mana-mana mengakibatkan sejumlah omzet penjualan menurun drastis.

Kondisi tersebut kemudian membuat sejumlah para pelaku usaha sulit untuk bertahan bahkan sebagian memilih untuk menutup usahanya. Sedangkan yang masih bertahan harus berjuang mengembalikan omzet penjualan yang menurun.

Daftar UMKM Online Bisa Naikan Omzet

Menurunnya omzet penjualan di masa pandemi disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya yaitu:

  • Kondisi ekonomi masyarakat yang semakin sulit karena banyak dari mereka terkena PHK massal sehingga membuat mereka tidak memiliki penghasilan tetap. Kondisi inilah yang kemudian membuat daya beli masyarakat menurun.
  • Kebijakan PPKM yang diterapkan pemerintah membuat pendistribusian terhambat.
  • Banyak yang sulit mengakses pinjaman modal dari bank karena tidak ada jaminan pasti sehingga membuat pelaku usaha melakukan peminjaman di pihak lain dengan bunga yang mencekik.
  • Pembatasan mobilitas di masyarakat akibat kebijakan PPKM dan kebijakan lainnya oleh pemerintah membuat bahan baku produksi terhambat sehingga para pelaku usaha kesulitan mendapatkanya.

Segala permasalahan di atas kemudian membuat pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya untuk dapat memulihkan kondisi ekonomi masyarakat yang semakin terpuruk salah satunya melalui bantuan UMKM ini.

Kamu dapat melakukan cara ini di manapun melalui perangkat smartphone yang kamu miliki.

Jangan lupa sebelum melakukan pendaftaran melalui online, pastikan bahwa semua dokumen persyaratan telah kamu persiapkan dan kamu telah mengisi formulir secara benar dan teliti.

Cara daftar UMKM secara online di atas sangatlah mudah untuk dapat diikuti oleh para pelaku usaha yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta bantuan UMKM.

By : Reliancerobopds.co.id