Cara React Di WhatsApp Untuk Android & iOS – Fitur Terbaru WA

Kamu udah tau belum bagaimana Cara React Di WhatsApp? Mungkin di antara pembaca banyak yang belum tau ya kalau sekarang aplikasi WA ini udah memunculkan fitur baru.

Mayoritas orang-orang di masa kini lebih suka menggunakan WhatsApp untuk segala kebutuhan dalam mengirim pesan ke orang-orang. Di aplikasi tersebut juga sudah tersedia berbagai jenis fitur menarik dan mudah untuk digunakan.

Baru-baru ini aplikasi WhatsApp mengeluarkan sebuah fitur terbaru, yaitu me-react pesan seseorang dengan emoticon. Apakah semua pengguna WhatsApp sudah bisa memakai fitur tersebut? Nah, pada pembahasan kali ini admin reliancerobopods.co.id akan membahas secara lengkap mengenai fitur react dan bagaimana Cara React Di WhatsApp.

Fitur React Terbaru Di WhatsApp 2022

fitur-terbaru-dari-whatsapp

Aplikasi WhatsApp merupakan platform yang digunakan untuk bersosialisasi secara online dengan orang-orang jauh. Fitur utama di WA ini adalah kamu bisa mengirim pesan kepada siapa saja orang yang menggunakan whatsapp juga.

Tidak hanya fitur mengirim pesan juga, WA telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih lainnya. Seperti kamu bisa membagikan status kepada seluruh kontak ataupun membatasinya. Pengguna dapat membuat grup dengan sesama kontan atau orang selain yang ada di kontak.

Sudah tersedia juga mode gelap dan terang sebagai tema dari WA sehingga orang-orang tidak bosan dan masih banyak lagi fitur WhatsApp yang canggih lainnya.

Semua fitur dibuat dengan fungsi yang sangat mudah dipahami dan digunakan oleh segala usia. Mengingat para pengguna dari WhatsApp ini berasal dari berbagai kalangan.

Baru-baru ini pihak WhatsApp telah merilis sebuah fitur yang sangat berguna bagi para penggunanya. Sekarang ini mereka bisa memberikan reaksi kepada chat yang dikirim ataupun pesan yang diterima dari pengguna lainnya.

Sebuah fitur yang baru dirilis whatsapp ini cukup viral dan membuat orang-orang tertarik untuk mencoba. WA selalu memberikan fitur yang pasti sangat berguna untuk para penggunanya.

Fitur ini sangat membantu kita karena tidak perlu membalasnya, tetapi orang-orang sudah tau dengan apa reaksi kita. Bentuk fitur reaksi WhatsApp ini dikemas dalam bentuk beberapa jenis emoticon saja.

Belum ada penambahan emoticon lain di dalam aplikasi fitur tersebut, tetapi emoji yang ada juga sudah mewakili.

Kamu bisa memberikan reaksi untuk pesan yang kamu kirim ataupun reaksi terhadap chat yang dikirim oleh orang lain untukmu. Jelaskan fitur ini akan meningkatkan suasana dalam chatmu agar lebih seru lagi.

Nah, masalahnya apakah semua pengguna WA itu bisa memakai fitur tersebut dan memilikinya? Mungkin untuk jawaban lebih lanjut kamu bisa cek di pembahasan di bawah ini.

Apakah Semua Pengguna WhatsApp Memiliki Fitur Tersebut?

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa WhatsApp ini kan memberikan fitur terbaru untuk para penggunanya yaitu react WA. Mereka bisa mengirimkan reaksi tersebut kepada siapa saja asalkan ada pesan yang dikutip untuk diberikan reaksi.

Banyak nih pengguna yang bertanya-tanya, apakah semua pengguna WA pasti memiliki fitur tersebut? Jawabannya sudah pasti ada baik itu pengguna WA yang memakai iOS ataupun Android.

Mereka yang menggunakan aplikasi tersebut bisa dengan bebas memberikan reaksi apa saja yang ada kepada orang lain. Namun, di antara para pembaca sekalin juga ada yang belum muncul ya fitur tersebut.

Mungkins saja itu terjadi karena ada beberapa kendala dan kamu bisa mencari solusinya melalui pembahasan di artikel ini. Pada intinya semua yang memiliki WA pasti akan muncul fiturnya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena perangkatmu entah itu Android dengan segala macam jenis ataupun iOS dengan versi yang berbeda pasti mempunyai fitur tersebut dan bisa melihat reaksi orang lain.

Kamu bisa menanggapi atau menerima tanggapan dari orang lain di dalam WhatsAppmu masing-masing.

Sekarang coba cek WA kalian masing-masin udah ada belum fitur react ini. Tapi sebelumnya mimin mau nanya dulu nih. Apakah kamu sudah tau gimana cara react emoji di WhatsApp khususnya bagi pengguna Android?

Cara React Di WhatsApp Menggunakan Emoji Bagi Pengguna Android

Fitur react ini kan termasuk ke dalam golongan fitur paling baru di WA dan belum banyak orang yang tau akan penggunaannya. Bahkan, bisa jadi mereka juga tidak sadar bahwa di dalam akun WA mereka sudah ada fitur tersebut.

Kalau kamu juga termasuk orang yang belum tau bagaimana cara menggunakan fitur react WhatsApp ini maka jangan lewatkan pembahasan yang akan kami berikan kali ini. Dari sini juga kamu bisa melihat apakan react fitur sudah ada di dalam akun whatsappmu atau tidak.

Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah kok dan kamu juga gak perlu download aplikasi yang lain-lain karena itu adalah fitur bawaan dari whatsapp nya sendiri.

Buat yang belom bisa memberikan reaksi ke kawan chat atau orang lain, maka wajib banget nih pembahasan di bawah ini. Kami akan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah untuk menanggapi pesan orang lain atau pesan sendiri menggunakan fitur react dengan cara yang mudah dipahami.

Untuk langkah-langkah yang lebih lengkap, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di perangkat Android milikmu.
  • Lalu pilih kontak yang ingin kamu kirim pesan dan memberikan tanggapan dengan fitur react.
  • Apabila kamu ingin menanggapi pesanmu sendiri, maka “tekan lama pada bubble chat milikmu” dan nantinya akan muncul enam emoji react yang tersedia di atasnya.
  • “Pilih emoji” yang mewakili perasaanmu dan setelah itu emoji react akan muncul di sebalah bawah bubble chat tersebut.
tutorial-react-di-whatsapp
  • Kalau ingin menanggapi pesan yang dikirim oleh orang lain, maka kamu bisa “tekan lama bubble chat yang ingin ditanggapi” dan “pilih emoji” sesuai keinginan.
langkah-react-di-WA
  • Selesai.

Gimana? Sangat mudah kan untuk memberikan reaksi menggunakan fitur react terbaru dari WhatsApp ini. Saat ini memang fitur yang tersedia hanya 6 emoji saja dan otomatis kamu hanya bisa memilih yang sudah ada saja.

Cara React Di WhatsApp iOS

Apakah hanya pengguna Android saja yang bisa menggunakan fitur react ini? Oh, ya tentu saja tidak, teman. Semua orang yang memiliki whatsapp terutama iOS punya bisa kok memakai fitur ini jika memang sudah ada.

Cara untuk memberikan tanggapannya juga mirip hanya ada sedikit sekali perbedaan. Buat yang masih bingung gimana cara untuk memberikan react di WhatsApp khusus pengguna iPhone bisa cek penjelasan di bawah ini.

Karena caranya mirip dengan Android, kamu gak akan bingung kok ketika menggunakannya fitur tersebut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka dulu aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat iPhonemu.
  2. Silahkan “pilih kontak atau grup” yang ingin kamu berikan tanggapan atau mencoba fitur react tersebut.
  3. Seperti biasa “tekan lama pada bubble chat” yang ingin ditanggapi.
  4. Kemudian “tentukan emoji” mana yang ingin dikirimkan sebagai reaksi berdasarkan pilihan yang sudah tersedia.
  5. Selesai, lakukan hal yang sama untuk setiap chat yang ingin ditanggapi.

Nah, kalau dilihat-lihat kan cara memberikan react di Android dan iOS kan sama saja. Tapi apakah ada perbedaanya ?

Perbedaan dari fitur ini hanyalah terletak dari latar belakang pada saat memberikan reaksi. Kalau di Android latar belakang emoji berwarna hijau dan chat yang ditanggapi itu tetap terlihat.

Sedangkan di iOS, bubble chat yang di react itu akan blur dengan sendirinya pada saat memilih reaksi.

Jadi, itulah perbedaan antara fitur reaksi yang ada di iOS dan yang ada di Android.

Solusi Jika Fitur React Tidak Muncul Di WhatsApp Kita

solusi-jika-fitur-react-tidak-muncul

Walaupun semua pengguna aplikasi WhatsApp pasti memiliki fitur tersebut di dalamnya aplikasinya. Kadang-kadang ada juga pengguna yang tidak fitur tersebut tidak muncul di dalam akunnya.

Tentu saja ada orang yang merasa heran dan panik kenapa di akun mereka kok tidak ada fitur tersebut. Apalagi kamu melihat orang-orang pada mencoba menggunakan fitur tersebut.

Kira-kira apakah ada masalah pada akunmu dan apakah ada solusinya? Buat yang fitur react itu belum muncul di aplikasinya gak usah panik apalagi malah ngehpaus ulang aplikasinya.

Ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan dan perhatikan jika ingin memunculkan fitur react ini. Fitur yang satu ini memang sudah ada di semua negara yang memakai WhatsApp, tetapi nyatanya belum tersedia di berbagai perangkat juga.

Namun, kamu bisa mencoba beberapa tips atau solusi yang kami berikan di bawah ini agar fitur react pada aplikasi WAmu muncul kembali. Pastikan dulu semua solusi yang kami berikan pada pembahasan disini telah dilakukan semua.

Nah, siapa tahu saja kamu lupa dan melewatkan beberapa hal penting di bawah ini.

Pastikan Versi Aplikasi WA

Fitur terbaru yang diluncurkan oleh aplikasi WhatsApp ini hanya tersedia untuk para pengguna yang sudah memiliki WA versi terbaru. Dan pastikan juga kamu memperbarui Androidmu agar ke OS yang paling baru.

Minimal OS yang bisa kamu gunakan di Androidmu saat ini adalah versi 7.0 dan yang terbaru adalah 10.0. Kalau kamu menggunakan OS yang lama maka akan sulit dan sulit untuk memunculkan versi tersebut.

Jika kamu merasa fitur react itu belum muncul di dalam aplikasi WA milikmu maka silahkan pastikan dulu ya kamu sudah memakai versi WhatsApp yang mana.

Update Aplikasi WhatsApp Ke Versi Terbaru

Apabila kamu sudah melihat versi WhatsApp dan ternyata belum diperbarui atau masih memakai yang lama. Maka segera perbarui ke versi terbarunya melalui layanan store app Google Play Store ataupun App Store.

Biasanya kalau kamu belum memperbarui aplikasi, maka akan muncul bacaan update dan jika sudah hanya akan tersedia bacaan “Buka” saja. Jadi, kalo udah ada notifikasi untuk mengupdate maka silahkan perbarui agar aplikasinya berubah ke versi terbaru.

Apabila sudah selesai memperbarui aplikasi, maka silahkan tunggu setelah beberapa saat sebelum akhirnya membuka WhatsApp.

Untuk mengecek apakah fitur tersebut sudah atau belum maka ikuti langkah untuk memberikan reaksi yang telah kami sampaikan di atas.

Gunakan WhatsApp Versi Asli

Walaupun kamu sudah memperbarui WhatsApp ke versi yang paling terbaru sekali pun, tetapi WA yang digunakan adalah versi modifikasi maka fitur tersebut tidak akan muncul.

Tetap gunakan WhatsApp yang versi resmi dan original dari store app milik perangkat masing-masing. Kalau saat ini kamu masih menggunakan yang versi modifikasi WA, maka silahkan beraloh, tapi jangan lupa untuk cadangkan pesan lebih dulu/

Akan sulit untuk memunculkan fitur tersebut di WA modifikasi karena kan pembuatnya atau pihak modder bukan resmi dari WhatsApp.

Saat ini, itulah hal yang paling membedakan antara WhatApp resmi dan yang telah dimodifikasi oleh pihak ketiga. Jadi, kami sarankan untuk cari aman saja dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger.

Mulai Ulang Perangkat

Apabila kamu merasa semua hal di atas telah dikerjakan, tapi masih juga fitur react tersebut belum muncul. Aplikasi WA sudah paling update, WhatsApp sudah original, dan yang lainnya.

Fitur tersebut belum juga muncul dan kamu tidak bisa melihat reaksi orang-orang apalagi memberikan tanggapan emoji ke mereka. Apalagi solusi yang bisa dilakukan?

Silahkan mulai ulang perangkatmu dengan cara restart ponselmu lalu tunggu beberapa saat. Bersihkan cache di WhatsApp dan setelah itu coba buka kembali apikasi tersebut.

Biasanya setelah ini fitur tersebut akan muncul dan kamu bisa menggunakannya untuk menanggapi pesan orang-orang baik itu grup maupun chat pribadi.

Itu dia beberapa solusi dari admin reliancerobopods.co.id yang bisa kami berikan kepada para pembaca. Silahkan pastikan semua hal-hal di atas itu sudah kamu miliki dan apabila masih belum ada juga ya berarti tunggu saja.

Apa Penyebab Pengguna Tidak Dapat Melihat Reaksi Di WA?

Selain memberikan reaksi emoji kepada orang-orang, tentunya kamu juga akan mendapatkan balasan yang kan. Tapi gimana jadinya kalau ternyata kamu tidak bisa melihat reaksi yang dikirimkan oleh orang ain.

Akan muncul pemberitahuan dan kamu tidak bisa melihat apa yang dilakukan oleh orang tersebut. Apakah yang menyebabkan pengguna tidak bisa melihat tanggapan reaksi di WhatsApp yang diberikan teman kita?

Ini kasusnya hampir mirip dengan yang di atas, yaitu kamu harus memastikan bahwa WhatsApp mu ini sudah versi paling terbaru. Apabila kamu memiliki fitur react, maka otomatis bisa melihat pesan react yang dikirimkan oleh orang lain.

Kalau tidak terlihat di notifikasi itu adalah hal yang wajar karena kadang kala pesan WA itu memang tidak muncul di notifikasi atas.

Namun, jika kamu benar-benar tidak bisa melihat reaksi yang diberikan oleh maka akan diminta untuk memperbarui WhatsApp mu. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah pergi ke Google Play Store dan langsung saja update aplikasi tersebut.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Reaksi Pesan WhatsApp

cara-nonaktifkan-reaksi-pesan-WhatsApp

Nah, kita kan sudah membahas Cara React Di WhatsApp dan juga solusi jika tidak muncul fitur tersebut. Apakah pengguna bisa menonaktifkan notifikasi reaksi pesan yang diberikan oleh teman?

Biasanya pemberitahuan tersebut muncul di bar notifikasi Hpmu bahwa teman atau orang lain memberikan reaksi tanggapan untukmu.

Jika ingin menonaktifkannya maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp masing-masing lalu “klik ikon titik tiga” di pojok kanan atas.
klik-titik-tiga
  • Setelah itu pilih fitur “Setelan” Setting.
matikan-fitur-react
  • Kemudian masuk ke dalam menu “Notifikasi”.
tutorial-matikan-fitur-react
  • Agar notifikasi reaksi pesan tidak muncul kembali, maka nonaktifkan dengan cara geser tombol di bacaan “Notifikasi reaksi” sehingga tidak warna hijau lagi.
nonaktifkan-notifikasi-reaksi
  • Selesai, kamu tidak akan menerima notifikasi serupa lagi jika sudah menonaktifkan fitur tersebut.

Dan itu dia pembahasan yang bisa admin relianceroboposd.co.id mengenai Cara React Di WhatsApp mulai dari penjelasan fitur, cara, hingga tutorial untuk menonaktifkan notifikasinya. Semoga bermanfaat buddies!

Baca Juga Artikel Tentang WhatsApp Lainnya :