FUP Indihome – Cara Pengecekan & Daftar FUP Lengkap!

Siapa nih yang gunakan layanan internet Indihome di rumah? Kalau kamu salah satu orangnya, maka kamu harus banget simak pembahasan tentang FUP Indihome ini gengs. Masih banyak juga nih yang belum tau tentang FUP dari layanan yang satu ini.

Iyakan? Kamu salah salah satu orang yang masih belum paham dan masih butuh banget informasi seputar FUP dari layanan internet yang satu ini, pastinya, hehehe. Tapi ga masalah, disini mimin bakalan kasih ke kamu juga kok informasinya. Jadi kamu engga perlu khawatir lagi.

Oya gengs, pastinya di zaman yang sudah sangat amat modern ini kita bisa menemukan banyak hal kan? Kayak aja aplikasi-aplikasi atau alat hiburan lainnya yang bisa kita dapatkan hanya dengan ponsel saja. Tapi memang itu semua bisa digunakan dengan kuota internet.

Bener apa bener nih? Kuota internet sekarang ini kayaknya udah jadi bahan pokok yang mana harus ada di setiap harinya. Soalnya kalau engga ada internet kita bisa-bisa engga bisa melakukan aktivitas apapun lagi. Apalagi kalau kamu memiliki perkerjaan yang membutuhin banget internet.

Nah, biar enak nih, sekarang orang-orang banyak gunakan layanan internet di rumah gengs, jadinya mereka engga perlu beli kuota eceran lagi. Kamu bisa gunakan kuotanya selama batas FUP itu masih ada. Udah mulai bingung kan kamu pastinya?

Kalau gitu, untuk pembahasan lebih lanjutnya dan supaya kamu engga bingung lagi, simak pembahasan yang ada di bawah ini ya. Reliancerobopds.co.id bakalan kasih pembahasan yang tuntas tentang masalah FUP di layanan internet Indihome ini. Yuk!

Apa Itu FUP Indihome?

FUP Indihome

Oke kalau gitu kita masuk ke pembahasannya langsung ya gengs, biar kamu jadi paham dan mengerti. Untuk kamu pengguna layanan internet Indihome, pastinya kamu selalu gunain kuota internet yang unlimited kan ya. Tapi walaupun unlimited kuota kamu masih ada batas penggunaannya lho gengs.

Nah, batas penggunaan dari kuota internet yang kamu punya itu namanya FUP gengs. Jadi, FUP itu singkatan yang diambil dari kata Fair Usage Policy yang mana ini tuh kayak kebijakan dari pihak Indihome dalam penggunaan internetnya. Walaupun paket unlimited juga akan ada batasnya ya, seperti yang udah dijelaskan tadi.

Gimana udah paham kan apa yang dimaksud dengan FUP ini? Paham dong ya! Kebijakan FUP ini juga tuh diberlakukan untuk ngejamin layanan dan menjaga layanan internet dari seluruh Indonesia. PT Telkom memang mengeluarkan kebijakan yang satu ini demi kenyamanan penggunanya, ya.

Terus batas dari kebijakan tersebut yang ini berlaku dari kecepatan yang mana aja min? Untuk kecepatannya itu layanan Indihome Fiber Telkom Indonesia minimal 10 Mbps ya gengs, tapi kebijakan ini engga berlaku untuk yang gunain UseeTV lho, ya.

Banyak juga nih yang nanyain gimana kalau kita udah masuk ke FUP itu dan apa dampaknya? Untuk dampak dari paket unlimited yang udah masuk ke FUP itu tuh nanti kecepatan dari internet kamu turun gengs. Jadi kalau semakin jauh udah lewat FUP-nya maka nantinya akan semakin lambat juga gitu kecepatan internet kamu.

Kan perhitungan untuk kuota unlimited kamu itu tuh jangkanya sebulan ya gengs, kalau masuk awal bulan berarti dari 0 lagi gitu. Makanya disarankan kamu untuk ngelakuin reset setiap bulan itu. Kan biar nantinya internet kamu berjalan dengan lancar dan kecepatannya juga tuh menyesuaikan gitu lho.

Kamu udah paham kan sampai disini? Kalau memang kamu sudah paham, kita bisa lanjut dong ya ke pembahasan yang lebih lanjutnya? Oke deh kalau gitu markinjut aliat mari kita lanjut, hehehe.

Strategi yang Bisa Dilakukan Supaya Penggunaan Indihome Tidak Cepat Masuk FUP

FUP Indihome

Kan kalau kita pakai layanan internet itu kita kadangan suka lupa ya atau malahan keenakan gitu, jadi mau apa-apa langsung aja. Tapi sekarang kamu harus ingat kalau paket internet kamu itu ada FUP-nya. Jadinya kamu harus agak hemat dikit lah ya, wkwkw.

Memang sih batas dari FUP ini tuh bisa dibilang ya besar sih, apalagi kalau kamu cuma pakainya sendiri aja, mimin yakin engga bakalan sampe masuk tuh FUP. Tapi kan kita engga tau ya, siapa tau walaupun kayak gitu nanti tiba-tiba masuk aja batas FUP itu.

Makanya nih, biar kamu bisa jaga-jaga gitu dan lebih bisa me-manage penggunaan dari kuota internetnya, mimin udah siapin strateginya nih. Kamu bisa ikutin strategi yang udah tim Reliancerobopds.co.id siapin di bawah ini. Udah penasaran kan? Langsung aja di bawah ini ada strategi untuk bisa jaga internet supaya engga cepet masuk batasnya.

Rajin Mematikan Modem Saat Jaringannya Tidak Digunakan atau Bepergian

Cara pertama yang ampuh nih untuk bisa jaga penggunaan internet kamu supaya nantinya engga boros adalah rajin matikan modem pas jaringan engga digunain. Kayak misalnya kalau kamu mau mudik, liburan atau lainnya deh. Pokoknya yang perginya itu lumayan lama ya gengs. Kan biar aman juga engga ada listrik yang menyala gitu. Tapi engga dikit-dikit dimatiin juga, nanti yang ada malah konslet dan engga bisa keguna deh, sewajarnya aja ya.

Tambahkan Keamanan dengan Password Wi-Fi Supaya Lebih Hemat Penggunaannya

Kalau cara yang kedua ini tuh buat orang-orang yang suka gunakan Wi-Fi sesukanya ya gengs. Jadi kan nantinya kalau kamu tambahin password di Wi-Fi kamu, dijamin deh orang-orang yang engga tau nantinya engga bisa gunain jaringannya. Soalnya nih kalau banyak orang yang gunain jaringannya juga tuh bakalan cepet masuk ke FUP nantinya, terus jaringannya jadi lama deh.

Gunakan Kuota Internet Secukupnya dan Jangan Terlalu Berlebihan

Nah, kalau yang terakhir ini biasanya kan ada nih yang kalau udah gunakan Wi-Fi jadi seenaknya gitu. Pakai kuota jadi boros banget karena ya engga kira-kira gitu. Supaya engga cepet habis atau cepet masuk ke batasnya kamu jangan gunakan berlebihan gengs. Kamu sebisa mungkin gunakan secukupnya saja, jadi engga cepet habis juga. Oke ga? Sesuai kebutuhan aja gitu, ya.

Panduan Tentang Tata Cara Cek FUP Indihome dengan Beberapa Alat Sederhana

Mungkin masih ada diantara kamu yang belum tau cara untuk ngecek FUP layanan Indohome ini kan? Nah, cara yang satu ini tuh harus banget diketahui sama semua penggua Indihome tau gengs. Soalnya kan FUP ini bisa dibilang penting ya dalam penggunaan kuota internet.

Kalau memang kamu belum tau, mimin mau kasih tau ke kamu deh gimana cara untuk cek FUP dari layanan Indihome ini. Ada tiga gengs caranya, kamu bisa gunakan mana saja yang menurut kamu worth itu ya gengs. Kan biar enak kamunya juga ya.

Ada cek lewat SMS dengan cara yang sangat sederhana, lewat aplikasi Indihome sendiri atau pakai website resminya. Semua caranya mudah-mudah kok, langsung aja ya kalau gitu langkah-langkahnya.

Cek FUP Indihome lewat SMS dengan Sangat Simple

FUP Indihome

Untuk cara yang pertama ini tuh simple banget, engga perlu pakai kuota internet dan juga engga ribet. Kalau cara yang pertama ini sih dijamin sih semua orang juga bakalan bisa. Soalnya kan bisa lewat menu perpesanan yang ada di handphone kamu aja, udah deh jadi.

Tapi, nantinya kamu harus siapkan pulsa ya, engga banyak-banyak kok, mau liat gimana caranya? Kamu bisa liat di langkah-langkah yang akan mimin bagiin di bawah ini ya. Simak dengan seksama biar kamu mudah untuk ngelakuinnya ya gengs.

  1. Di handphone, kamu masuk ke menu “Perpesanan atau SMS”.
  2. Abis itu, kamu klik “Buat Pesan Baru” dan ketikkan nomor yang mau dituju, yaitu “98108”.
  3. Tuliskan di isi pesan “ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon kamu”.
  4. Kalau udah, klik langsung “Kirim Pesan”.
  5. Nantinya kalau udah kekirim, kamu bisa dapatkan balasan yang isinya tuh informasi tentang FUP layanan internet Indihome kamu.
  6. Selesai, kamu bisa tau deh.

Cek Batas dari FUP Indihome dengan Aplikasi Resmi MyIndiHome

Cek Batas dari FUP Indihome dengan Aplikasi Resmi MyIndiHome

Nah, cara kedua untuk bisa cek batas FUP dari layanan internet Indihome kamu adalah pakai aplikasi resminya. Untuk kamu pengguna layanan Indihome yang udah lama pastinya tau deh kalau ada aplikasi bernama MyIndiHome. Kamu udah tau belum nih?

Aplikasi yang satu ini udah bisa kamu download dengan mudah kok gengs, terus kalau mau downloadnya gratis kok engga perlu bayar. Untuk nemuin aplikasinya ada di Google Play Store dan App Store juga, jadinya engga akan kesusahan deh untuk nyariin aplikasinya.

Tenang aja aplikasinya ini aman kok dan pastinya udah legal ya, langsung download ga sih kalau yang belum punya aplikasinya? Hehehe. Cara untuk gunakan aplikasinya juga ga nyusahin kamu, langsung liat langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Kalau sudah didownload aplikasinya, kamu bisa langsung buka aja aplikasi “MyIndiHome” dan langsung login atau daftar akun dulu, ya.
  2. Udah gitu, kamu bisa klik tanda “titik tiga” yang ada di halaman aplikasinya.
  3. Terus pilih deh “Lihat Penggunaan” dan kamu tunggu aja deh sampai informasi batas penggunaannya timbul.
  4. Kalau sudah muncul, kamu bisa deh melihat apakah kuota kamu sudah akan habis atau masih ada sisa.
  5. Selesai.

Cara Mengecek Batas FUP dari Indihome dengan Website Resmi Indihome

Cara Mengecek Batas FUP dari Indihome dengan Website Resmi Indihome

Kalau kamu udah engga cukup ruang untuk download aplikasinya, kamu bisa juga lho gunakan website resminya. Sama aja kok mau gunakan aplikasinya atau gunakan website resminya juga. Malahan kalau gunakan websitenya tuh lebih hemat penyimpanan ya, hehehe.

Terus juga nih cara untuk ngecek batasan FUP-nya itu mudah banget, cuma butuhin browser yang ada di perangkat kamu aja. Biar enak dan kamu bisa langsung coba lakukan pengecekkannya, maka simak langsung aja ga sih langkah-lagkah di bawah ini?

  1. Kamu buka aja deh “Browser” yang ada di perangkatnya, bisa chrome atau lainnya juga.
  2. Tuliskan langsung alamat websitenya “https://www.indihome.co.id” langsung deh klik “search”.
  3. Kamu bisa langsung “login atau registrasi akun” ya gengs.
  4. Udah masuk ke websitenya, kamu bisa langsung cara paket Indihome terus klik “Lihat Rincian”.
  5. Kalau udah, kamu bisa liat semua rincian dari informasi FUP-nya.
  6. Selesai.

Macam-Macam Batasan Indihome dengan Jumlah Mbps yang Digunakan

Macam-Macam Batasan Indihome dengan Jumlah Mbps yang Digunakan

Sekarang kita masuk ke pembahasan yang lainnya lagi ya gengs, pembahasan yang satu ini tuh engga kalah pentingnya lho. Soalnya kan biar jaga-jaga ya gengs kalau udah tau kan enak. Nah, kayak yang udah disampaikan di atas tadi kalau batas minimal FUP itu 10 Mbps.

Jadi kalau kamu pakai di bawah 10 Mbps, maka paket kamu belum dikenakan kebijakan FUP itu. Jadi kamu udah penasaran ya tentang kebijakan FUP tersebut? Kalau gitu, kita langsung aja deh simak pembahasan di bawah ini biar kamu jadi tau. Lengkap lho pembahasannya.

FUP 10 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Nah, kalau kamu pakai layanan internet Indihome dengan kecepatan yang 10 Mbps, maka batas pemakaiannya tuh sampai 300 GB. Batas tersebut tuh batas yang umumnya digunain sama orang-orang ya gengs. Kalau udah sampai batas itu nantinya kecepatan internet bisa turun sampai 75%, lho.

Tapi, kalau kamu gunakan internetnya sampai batas maksimal 400 GB, nantinya kecepatan internet kamu semakin melambat tau gengs. Kalau udah mencapai 400 GB itu kecepatan internetnya bisa sampai 40% gengs. Bisa dibayangkan ya gimana kelambatannya itu, hehehe.

FUP 20 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Kalau kecepatan internetnya itu yang 20 Mbps, batas maksimal pemakaiannya tuh bisa sampai 500 GB yang umumnya dan 800 GB. Kalau udah 500 GB, nantinya kecepatannya bisa nurun jadi 15Mbps. Terus kalau yang udah sampai 800 GB, nanti kecepatannya jadi sangat lambat, yaitu 8 Mbps.

FUP 30 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Nah, kalau penggunaan kuota internet yang 30 Mbps ini, penggunaan maksimal kuota internetnya itu bisa sampai 700 GB gengs, cuma memang kalau udah sampai di batas maksimal ini, kuota internet kamu bisa jadi lambat sampai 22.5 Mbps gengs.

Nah, terus juga nih kalau kamu gunakan kuota internetnya sampai 1.200 Mbps, nantinya kecepatannya juga bisa lebih menurun dan bahkan bisa dibilang lama lho, yaitu mencapai 12 Mbps gengs. Apa engga lambat banget coba? Kan jadi agak susah ya kalau gitu.

FUP 50 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Kalau kamu masuk ke orang yang suka banget nih gunakan internet besar dalam seharian, paket dengan kecepatan 50 Mbps ini cocok deh. Tapi batas penggunaan dari 50 Mbps ini mencapat 1.200 GB lho yang normalnya. Kalau kecepatan itu aja tuh udah bisa berkurang kecepatannya jadi 37.5 Mbps.

Namun, kalau udah nyampe batas minimal yang 2.000 GB nantinya kecepatannya bisa sampai 20 Mbps, kan apa engga lama gitu ya gengs. Apalagi kalau digunakannya untuk download file-file yang ukurannya besar gitu. Udah lama banget pasti.

FUP 100 Mbps dari Layanan Internet Indihome

Paket yang terakhir yang pastinya punya kecepatan yang lebih besar dari paket lainnya adalah paket 100 Mbps ini. Di paket yang satu ini batas penggunaannya juga bisa dibilang besar lho, yaitu mencapai 2.000 GB. Kalau udah di batas ini nantinya kecepatannya bisa kurang sampai setenganya lho, yaitu 50 Mbps gengs. Untuk yang udah biasa pakai 100 Mbps kalau udah turun sampai setengahnya pasti langsung berasa lama banget deh.

Baca Artikel Terkait Lainnya :

By : Reliancerobopds.co.id

FUP Indihome Terbaru dan Cara Melakukan Pengecekkannya – BARU

Tidak sedikit yang masih bingung bagaimana cara agar bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan FUP Indihome. Ketika kuota sudah melewati batas FUP, maka kecepatan akan diturunkan menjadi setelahnya.

Padahal, ada berbagai macam tips dan trik yang bisa dilakukan agar bisa menghemat, mereset, dan mengatur FUP agar bisa awet sampai akhir bulan. Pada dasarnya, kamu bisa melakuannya misalnya dengan membatasi bandwidth atau menggabungkan ISP.

Jika kamu termasuk baru menggunakan Indihome, istilah FUP sebaiknya dipahami dengan benar. Hal ini dilakukan agar tidak panik ketika mendapati kecepatan internet menurun drastis. Ulasan di bawah ini akan membahas seputar FUP, cara menghemat, dan mengeceknya secara lengkap.

Pengertian FUP Indihome

Pengertian-FUP-Indihome

FUP (Fair Usage Policy) yaitu sebuah kebijakan dari provider dengan mengurangi kecepatan internet setelah melebihi batas wajar yang ditetapkan. Jadi, jangan heran jika kecepatan akses internet akan dibatasi jika pemakaian di luar batas wajar.

Pada dasarnya, kebijakan ini dikenakan untuk pengguna standar maupun unlimited. Peraturan pembatasan kecepatan internet ini sudah dirilis sejak 2016 lalu. Tujuannya adalah agar setiap pengguna bisa menikmati jaringan internet yang stabil dan baik.

Sebenarnya, kebijakan ini dilatarbelakangi banyaknya pengguna yang menyebarkan koneksi internet. Biasanya hal ini terjadi di area tertentu, misalnya di perkampungan yang membuat akses internet menjadi banyak dan bercabang.

Contohnya ketika kamu mengaktifkan paket IndiHome 20 Mbps lalu dibagi menjadi lima rumah. Dengan demikian, masing-masing penghuni rumah mendapati kecepatan akses sebesar 4 Mbps.

Bahkan ketika membeli kuota unlimited jika digunakan untuk download film terus-menerus maka tidak akan unlimited lagi. Oleh karena itu, pahamilah kebijakan mengenai FUP agar pemakaiannya terus stabil.

Macam-Macam Batas FUP Indihome

IndiHome menjadi salah satu provider besar di tanah air dan tentunya menerapkan kebijakan FUP. Tujuan utamanya yaitu menstabilkan jaringan ke seluruh penggunanya agar mendapatkan akses internet stabil. Berikut berbagai macam batas FUP IndiHome yang sebaiknya diketahui.

1. FUP 100 Mbps

Jika mengaktifkan paket IndiHome dengan FUP 100 Mbps, maka penurunan kecepatannya mencapai 50 Mbps. Dengan kata lain, kecepatan akses internet berkurang 50% dari 100 Mbps tadi. Ketentuan tersebut akan diterapkan jika penggunaan data lebih dari 2.000 GB.

Adapun paket FUP 100 Mbps ini jarang sekali digunakan di perumahan biasa. Melainkan untuk perusahaan industri yang membutuhkan kecepatan akses internet yang besar. Misalnya di perguruan tinggi (kampus) dan perkantoran.

Mungkin kamu merasa bahwa penggunaan 2.000 GB sampai habis itu mustahil terjadi. Padahal, pemakaian yang begitu tinggi bisa saja membuatnya mencapai 2.000 GB lebih. Tak heran jika terkadang penggunaan internet di kampus terasa begitu lambat.

2. FUP 50 Mbps

Untuk paket IndiHome 50 Mbps, mulai diberlakukan peraturan FUP 1 dan FUP 2. Adapun pembatasan FUP 1 akan aktif jika penggunaan akses internet sudah mencapai 1.200 GB. Saat hal ini terjadi, kecepatannya akan berkurang sehingga menjadi 37.5 Mbps saja atau 75% dari kecepatan awal.

Mungkin 37.5 Mbps masih terasa cepat, namun lain halnya jika sudah mencapai FUP 2. Hal ini terjadi jika pemakaian telah mencapai 2.000 GB. Kecepatan awalnya yang 75% akan berkurang menjadi 20 Mbps atau 40% dari kecepatan awal.

3. FUP 30 Mbps

FUP Indihome 30 Mbps biasanya digunakan oleh pebisnis online yang membutuhkan jaringan internet memadai. Kebijakan FUP 1 diterapkan jika pemakaian sudah mencapai 700 GB. Sementara itu, FUP 2 dibelakukan jika penggunaan sudah lebih dari 1.200 GB.

Lalu, bagaimana jika paket internet sudah berada pada FUP 2? Tidak perlu khawatir, kecepatan internet tetap akan diturunkan namun tidak terlalu lambat. Artinya, ketika FUP 2 kecepatan interne t menjadi 22.5 Mbps.

4. FUP 20 Mbps

Paket internet IndiHome 20 Mbps biasanya dipilih bagi mereka yang bekerja secara freelance di rumah. Misalnya pekerjaan blogger, influencer, dan sebagainya akan terbantu dengan paket internet yang satu ini.

FUP 1 akan diberlakukan apabila pemakaian sudah lebih dari 500 GB, sedangkan FUP 2 jika sudah mencapai di atas 800 GB. Dengan demikian, kecepatan internetnya akan berkurang menjadi 15 Mbps. Kecepatan yang tetap memadai untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

5. FUP 10 Mbps

Paket IndiHome 10 Mbps pada dasarnya tetap diberlakukan kebijakan FUP. Biasanya paket ini dipilih oleh mahasiswa atau pelajar untuk sekedar browsing mencari materi pelajaran dan scrollig media sosisal.

FUP IndiHome 10 Mbps pada dasarnya memiliki harga yang terjangkau. FUP 1 akan berlaku apabila penggunaan internet sudah mencapai 300 GB, sedangkan FUP 2 jika sudah lebih dari 400 GB.

Alasan FUP IndiHome Kurang Awet dan Cepat Habis

Alasan-FUP-IndiHome-Kurang-Awet-dan-Cepat-Habis

FUP IndiHome dihitung berdasarkan besarnya data internet yang digunakan pada perangkat. Hal ini bisa diartikan setiap aktivitas membuka internet akan menambah nilai kuota FUP yang ditetapkan. Namun sebenarnya, apa saja penyebab FUP cepat habis?

1. Streaming Video

Media sosial populer saat ini semakin banyak yang menyediakan fitur streaming video, misalnya TikTok, Youtube, Instagram Video, Facebook, dan sebagainya. Mungkin selama ini kamu tidak menyadari bahwa aktivitas tersebut merupakan salah satu penyebab utama FUP kurang awet.

Misalnya satu content video bahkan ukurannya ada yang mencapai 300 MB. Meski hal ini sebenarnya tergantung dari durasi video tersebut ketika ditonton. Hal lainnya yang mempengaruhi adalah kualitas atau resolusi video itu sendiri.

Semakin jernih atau panjang durasi suatu video, maka dapat dipastikan konten tersebut menggunakan data yang cukup banyak.

2. Unduhan File/Content secar Otomatis

Suatu aplikasi tentunya berisi content tertentu, misalnya gambar, text, suara, video, dan sebagainya. Pada dasarnya, kamu telah mengunduh file-file tersebut secara ootmatis untuk ditampilkan di layar perangkat.

Hal yang membedakan adalah file atau data yang didownload otomatis tersebut ukurannya lebih kecil dibanding yang ada di galeri. Tak jarang ukurannya bahkan tidak lebih dari 5 MB.

3. Mendownload File secara Manual

Pada dasarnya, tindakan download file secara manual ini biasanya disadari oleh pemiliknya. Ketika kamu klik link untuk mendownload file tersebut, sebenarnya hal ini juga akan berpengaruh terhadap batas FUP.

Misalnya ketika hendak mendownload dokumen atau film, maka kamu harus klik secara manual dan tunggu prosesnya sampai selesai. Tidak sedikit file yang ukurannya cukup besar sehingga secara signifikan semakin mendekatkan paket internet dengan batas FUP.

4. Dipakai Banyak Pengguna

Bagaimana FUP IndiHome tidak cepat habis jika penggunanya terlalu banyak? Pada dasarnya, hal ini sangat mempengaruhi kuota FUP yang diaktifkan sehingga di akhir bulan kecepatan internetnya semakin berkurang.

Cara Mengecek FUP IndiHome dengan Mudah untuk Pemula

Cara-Mengecek-FUP-IndiHome-dengan-Mudah-untuk-Pemula

Sayangnya, informasi mengenai FUP memang belum tersebar secara merata kepada semua pengguna IndiHome. Tak heran jika masih ada saja yang merasa heran ketika mendapati kecepatan internetnya melambat.

Jika kamu sudah memasang paket IndiHome namun tidak mengetahui limit FUP-nya, sebaiknya simak beberapa caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Nomor Internet IndiHome

Sejak pertama kali mendaftarkan diri sebagai pengguna IndiHome, pastinya kamu sudah memilki Nomor Internet IndiHome. Pada dasarnya, nomor tersebut bisa digunakan untuk mengecek penggunaan kuota dan FUP

Cara yang satu ini terbilang praktis karena bisa dilakukan menggunakan HP atau komputer. Namun, kamu harus mengetahui website yang tepat dan resmi untuk mengeceknya, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, silahkan buka browser lalu buka halaman berikut ini https://subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota.
  • Setelah itu, masukan ID pelanggan pada kolom yang tersedia. ID tersebut yaitu biasa disodorkan ketika melakukan pembayaran bulanan ke pihak IndiHome.
  • Lanjutkan dengan mengisi kode Captcha dengan benar.
  • Tekan Submit lalu FUP IndiHome akan muncul.
  • Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Cek Tagihan IndiHome

Cara yang satu ini bisa dilakukan apabila kamu sudah menginstall aplikasinya. Tidak perlu khawatir, aplikasi Cek Tagihan IndiHome Telkom bisa didapatkan secara mudah dan gratis di PlayStore. Berikut langkah-langkah mengecek FUP melalui aplikasi tersebut.

  • Buka aplikasi Cek Tagihan IndiHome Telkom yang ada di smartphone.
  • Pada tampilan utama, silahkan isi nomor ID IndiHome di kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, pilih opsi Cek Sisa Kuota FUP.
  • Tap Cek Sisa Kuota.
  • Tunggu proses loading dan akan muncul tampilan sisa kuota FUP IndiHome yang sedang aktif.

3. Menggunakan Website IndiHome

Pengguna IndiHome tentunya harus mengetahui website resmi dari provider yang satu ini. Dengan demikian, segala informasi mengenai paket yang diaktifkan bisa diketahui dengan tepat, berikut caranya.

  • Langkah pertama, buka browser lalu buka website https://www.indihome.co.id.
  • Pada tampilan utama, pilih ikon Garis Tiga yang berada di pojok kiri atas.
  • Selanjutnya, login terlebih dahulu dengan data IndiHome yang sudah dimiliki sebelumnya.
  • Jika sudah, pada kolom Internet, silahkan pilih Lihat Rincian.
  • Setelah itu,, informasi mengenai penggunaan internet IndiHome akan muncul, termasuk batas FUP-nya.

Tips Mengatasi FUP IndiHome yang Cepat Habis

Tips-Mengatasi-FUP-IndiHome-yang-Cepat-Habis

Jika kamu termasuk baru mengaktifkan paket FUP IndiHome, ada baiknya mencari tips agar penggunaannya bisa dihemat. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan dalam berselancar di internet agar tetap ngebut. Terutama ketika menggunakannya untuk pekerjaan atau belajar.

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi FUP IndiHome yang cepat habis? Berikut diantaranya.

1. Mengontrol Bandwidth dengan Mikrotik

Sebenarnya, FUP dipengaruhi oleh ukruan data yang diupload/download oleh penggunanya. Jadi apabila kuota yang digunakan sudah melewati batas, maka FUP akan terpicu. Tak heran jika pihak kecepatan internet pun akhirnya semakin berkurang.

Lalu, adakah cara mengatasi FUP? Kamu bisa mengontrol kecepatan internet untuk tiap perangkat agar paket internet bisa lebih dihemat. Salah satu cara pembatasan kecepatan yaitu melalui router WiFi (fitur QoS).

Cara lainnya yaitu memanfaatkan router khusus, misalnya mikrotik yang akhir-akhir ini semakin banyak digunakan. Mikrotik memungkinkan kamu lebih leluasa dalam menerapkan bandwidth management ke pengguna jaringan wireless.

Dengan demikian, kecepatan tetap bisa dibatasi namun secara lebih fleksibel. disarankan untuk setting batas kecepatan untuk setiap aplikasi yang sering digunakan. Hasilnya, kuota FUP akan lebih aman dan internet pun lebih stabil.

2. Upgrade Jenis Paket Internet

Penghematan memang bisa menjadi solusi mengatasi FUP. Namun, hal tersebut bukan lagi menjadi solusi apabila penggunaan internet memang sudah tidak bisa ditekan. Misalnya penggunaan internet di perusahaan atau bidang bisnis tertentu, keberadaan internet di tempat tersebut sangat krusial.

Oleh karena itu, solusinya adalah upgrade paket IndiHome agar mendapatkan limit FUP yang lebih besar dan leluasa. Mungkin saat ini kamu mengaktifkan paket FUP IndiHome 30 Mbps namun masih terasa kurang.

Jika demikian, cobalah paket di atasnya seperti IndiHome 50 Mbps agar bisa merasakan akses internet yang lebih stabil. Sebenarnya, pemilihan paket harus dilakukan secara teliti berdasarkan kebutuhan volume data setiap bulan.

3. Memasang Dua atau Lebih Paket IndiHome

Solusi yang satu ini memang membutuhkan biaya lebih besar, namun manfaatnya tetap bisa dirasakan. Kamu bisa memasang lebih dari satu IndiHome agar mendapatkan limit FUP lebih besar. Tidak perlu khawatir, sebenarnya hal ini bisa menguntungkan jika digunakan dengan baik.

Misalnya pada FUP IndiHome 50 Mbps maka limitnya adalah 1200 GB. Sedangkan FUP 100 Mbps yaitu sebesar 1800 GB. Artinya, FUP hanya bertambah kurang lebih 600 GB. Triknya adalah kamu tinggal memasang paket 2 x 50 Mbps sehingga batas FUP jauh lebih besar.

4. Mengintegrasikan IndiHome dengan ISP non FUP

Solusi lainnya agar FUP bisa dihemat adalah dengan menggabungkan IndiHome dengan ISP lain yang tidak menerapkan FUP. Sebenarnya, hal ini hanya bisa dilakukan di kondisi tertentu agar hasilnya menguntungkan dari segi pengeluaran dan penggunaan internet.

Agar bisa melakukannya dengan lancar, kamu membutuhkan perangkat mikrotik. Nantinya, perangkat tersebut harus di-setting dengan opsi load balancing dengan metode police based routiing.

Dengan demikian, pengguna bisa mengarahkan traffic di momen tertentu agar bisa melalui ISP IndiHome atau provider lainnya.

5. Menggunakan Layanan IndiHome WiFi Managed Services (WMS)

Tidak sedikit yang tetap ingin menggunakan produk Telkon non-FUP karena lebih murah. Sebenarnya, kamu memiliki alternatif yang hampir mirip, yaitu memasang layanan WMS atau WiFi Managed Services.

Layanan dari Telkom yang satu ini pada dasarnya tidak menerapkan FUP. Hanya saja, jaringan tersebut hanya bisa diterima dengan WiFi sehingga wajib tidak ada koneksi kabel. Namun, layanan ini dianggap kurang nyaman karena harus login ulang dalam jangka waktu tertentu.

6. Memasang VPN Tunnel

Dulu terdapat VPN Tunnel untuk bypass FUP dengan mudah dan praktis. Namun, sayangnya trik seperti ini sangat tidak direkomendasikan. Hal ini karena tindakan tersebut jelas ilegal dan merugikan pihak lain.

Bahkan sekalipun cara tersebut berhasi, terdapat risiko yang harus siap dihadapi. Salah satunya adalah di-banned dari IndiHome sampai layanan internetnya dilepas paksa. Bahkan untuk risiko yang terberat adalah pengguna bisa dituntut atas tindakan hacking.

Point-Point Penting Mengenai FUP

Point-Point-Penting-Mengenai-FUP

Agar lebih mudah memahaminya, terdapat beberapa point penting mengenai FUP yang harus dipahami, yaitu:

  • FUP diberlakukan untuk pengguna internet broadband mengingat paket yang satu ini paling terjangkau. Di jam-jam sibuk, kecepatannya tidak akan mentok sesuai paket yang diaktifkan. Terkadang kecepatannya hanya setengah, kadang pula secara full.
  • Limit FUP bergantung pada paket internet yang dibeli pengguna. Semakin mahal paketnya, maka batas FUP semakin besar.
  • Kecepatan internet akan berkurang jika sudah melewati batas FUP. Namun, penurunan tersebut bertahap mulai dari FUP 1, FUP 2, dan seterusnya jika ada.

Dengan memahami aturan mengenai FUP IndiHome, pengguna provider yang satu ini tidak perlu bingung ketika kecepatan internetnya berkurang. Oleh karena itu, pilihlah paket internet yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Yang Belum Terhubung

Rekomendasi Aplikasi Bobol WiFi Terbaru 2022 100% Ampuh

Cara Melihat Password WiFi di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Daftar Aplikasi Penghasil Uang Resmi Dari Pemerintah 2022

Begini Cara Cek Bansos Kemensos Go Id Covid Tahun 2022