WA Web Plus Scan & Login di HP dan PC (Cara Pakainya)

Bagi pengguna WhatsApp, tentu saja tidak asing dengan nama WA Web. Sampai sekarang banyak sekali yang memakai layanan ini untuk saling chatting lewat komputer atau laptop. Bagi yang juga ingin menggunakannya, simak artikel ini hingga tuntas agar dapat memanfaatkannya dengan baik. 

Siapa sih yang tak kenal dengan WhatsApp? Ada banyak keunggulan yang bisa pengguna dapatkan dari aplikasi ini. Misalnya aspek praktis, fungsional hingga aksesibilitasnya. Karena tingkat kepopulerannya yang tergolong sangat tinggi, tak heran jika WhatsApp terus berkembang.

Misalnya, WhatsApp kini sudah tersedia dalam versi website. Yang artinya, pengguna bisa chatting WhatsApp via laptop. Hal tersebut tentunya memudahkan setiap pengguna yang ingin lebih praktis saat chatting. 

Mengenal WA Web Lebih Dalam 

Tutorial-Menggunakan-WA-Web-di-Perangkat-PC

Seperti yang telah disebutkan bahwa WhatsApp Web adalah WhatsApp yang dapat diakses via desktop atau website. Lebih lengkapnya, WhatsApp Web adalah sebuah ekstensi basis komputer dari akun WhatsApp yang biasanya digunakan pada ponsel.

Sehingga membantu pengguna yang ingin memakai WhatsApp di perangkat tertentu. Lebih lanjut, WhatsApp Web memungkinkan pesan yang dikirim dan diterima dapat disinkronkan di antara ponsel dan komputer. Pengguna juga bisa melihat pesan di dua perangkat tersebut sekaligus.

Penggunaan WA Web di perangkat desktop pada dasar dapat digunakan dengan dua cara. Pengguna dapat melakukannya dengan mendownload dan menginstal aplikasi tambahan yang tentunya membutuhkan ruang penyimpanan tambahan. 

Atau pengguna juga bisa menggunakannya tanpa bantuan aplikasi tambahan.  Tentu saja kedua pilihan tersebut punya kelebihan masing-masing. Pengguna bisa menentukan sendiri mana yang terbaik untuk digunakan.

Syarat Menggunakan WA Web

Syarat-Menggunakan-WA-Web

Menggunakan WhatsApp Web memang sangat menyenangkan karena lebih praktis dan mudah untuk diakses. Bagi yang juga turut ingin menggunakannya, kamu harus tahu beberapa syarat saat memakai WhatsApp Web terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa syarat yang dimaksud

  • Pastikan kamu adalah salah satu pengguna perangkat smartphone, entah Android maupun iPhone (iOS).
  • Pastikan ponsel Android yang kamu gunakan telah mendukung sistem operasi Android 4.0.3 atau lebih agar aplikasi dan website dapat digunakan.
  • WhatsApp Web hanya dapat digunakan di iPhone dengan sistem operasi minimum iOS 9 atau lebih.
  • Selain kedua perangkat tersebut, WhatsApp juga sudah support dengan tablet (kecuali untuk tablet yang menggunakan Wi-Fi).
  • WhatsApp Web juga dapat dioperasikan pada ponsel yang mengusung sistem operasi KaiOS 2.5.1+ atau (mis.JioPhone dan JioPhone 2). 
  • Syarat berikutnya adalah pastikan kamu sudah mempunyai akun WhatsApp yang telah di aktif di smartphone yang kamu gunakan.
  • Karena WhatsApp Web merupakan media sosial yang beroperasi di internet, tentu saja pengguna harus menyiapkan yang Anda koneksi internet saat ingin menggunakan WA Web.  
  • Kamu juga bisa memakai berbagai macam browser terbaru dan populer, diantaranya seperti Chrome, Safari, Firefox, Opera, Edge, dan sebagainya.

Itu tadi adalah informasi mengenai syarat sebelum menggunakan WhatsApp Web yang harus pengguna ketahui. Jadi, bagi yang ingin memakai WhatsApp versi web ini, kamu harus memastikan syarat tersebut sesuai dengan perangkat yang kamu pakai.

Sejarah WA Web di Internet

Sejarah-WA-Web-di-Internet

WhatsApp secara resmi mengumumkan perilisan fitur resmi yang bernama Whatsapp Web tanggal 22 Januari 2015. Dengan perilisan tersebut tentunya membuat setiap pengguna menjadi sangat diuntungkan. Terlebih bagi pengguna WhatsApp yang juga sering menggunakan komputer. 

Tak jauh beda dengan WhatsApp mobile (WhatsApp berbasis ponsel), fitur terbaru milik WhatsApp ini membutuhkan jaringan internet agar dapat berfungsi dengan baik. Tanpa koneksi internet, tentu saja penggunanya tidak dapat menggunakan layanan ini untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan.

Whatsapp Web Resmi?

WhatsApp Web sendiri dapat diakses lewat portal online yang telah disiapkan oleh pengembang resmi yang ada di situs whatsapp web: web.whatsapp.com. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa WA Web dapat digunakan untuk membuka akun WhatsApp lewat perangkat komputer.

Sebenarnya, fitur ini lebih gampang digunakan bagi pengguna aplikasi Chrome yang telah dikembangkan oleh Google. Tapi tenang saja karena semua browser juga sudah mendukung layanan WhatsApp via website. Jadi kamu bisa menggunakannya secara bebas.

Sinkronisasi tersebut sangat diperlukan bagi yang ingin membuka akun WhatsApp lewat situs web ini. Pengembang juga sudah menyiapkan kode batang (QR Code) yang harus dipindai lewat aplikasi seluler yang telah didownload di WhatsApp. 

Proses pemindaian secara langsung untuk membuka aplikasi Whatsapp tergantung akun yang dioperasikan di telepon yang dipakai untuk memindai. Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan spesifikasi perangkat yang digunakan masing-masing. 

Oleh karena itu, wajib hukumnya pengguna WA untuk website ini memastikan spesifikasi perangkat sesuai yang disarankan. Chat yang telah disematkan di dalam aplikasi WhatsApp juga tersedia pada versi web ini. 

Jadi, kamu tak akan kehilangan berbagai informasi penting dari chatting yang sudah dibintangi. Jika nanti ada perubahan di aplikasi yang aktif, sinkronisasi otomatis langsung berjalan sesuai dengan yang diharapkan para penggunanya. 

Hanya saja pastikan perangkat yang digunakan terhubung dengan koneksi WiFi atau internet yang lancar. Biasanya jika koneksi internetnya tidak lancar juga mempengaruhi kecepatan akses WhatsApp.

Tutorial Menggunakan WA Web di Perangkat PC

Bagi yang ingin memakai WhatsApp Web di PC, tentu saja kamu harus paham dengan tutorial pemakaiannya terlebih dahulu. Sebenarnya, memakai WhatsApp Web tidak terlalu sulit. Bahkan untuk mereka yang baru pertama kali menikmati fitur ini. 

Hanya saja ada beberapa tambahan langkah yang perlu diperhatikan. Lantas bagaimana langkahnya? Bagi yang masih bingung, simak tutorialnya berikut ini:

  • Langkah pertama yang perlu pengguna lakukan adalah dengan membuka browser yang digunakan di laptop atau komputer terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, masukkan informasi URL yang beralamat di https://web.whatsapp.com di kolom yang telah disediakan.
Selanjutnya-masukkan-informasi-URL-yang-beralamat-di-https-web.whatsapp.com-di-kolom-yang-telah-disediakan
  • Setelah itu, nantinya kamu bisa melihat halaman baru yang berlatar belakang putih dengan deskripsi langkah singkat untuk menghubungkan WhatsApp APK di ponsel dengan browser yang digunakan di komputer Anda.
  • Sekarang, buka saja tampilan utama aplikasi WhatsApp yang sudah didownload di ponsel masing-masing. 
  • Bagi yang menggunakan perangkat Android, langsung saja pilih menu titik tiga vertikal yang berada di kanan atas. 
  • Nantinya ada lima opsi utama yang disediakan di menu tersebut.
  • Ketuk atau dan pilih opsi WA Web.
  • Bagi pengguna iOS, kamu dapat memilih menu Settings yang ada pada pojok kanan bawah (ikon roda gigi).
  • Selanjutnya pilih menu WhatsApp Web / Desktop.
  • Berikutnya, aplikasi WhatsApp yang telah didownload di ponsel, otomatis langsung mengaktifkan fitur kamera pemindai kode QR. 
  • Pengguna diminta untuk mengambil kode QR yang telah ditampilkan pada situs web Whatsapp sebelum.
  • Kemudian, WhatsApp yang telah didownload di ponsel akan terhubung dan langsung disinkronkan dengan web WhatsApp yang telah diakses di komputer.
  • Fungsi utama web ini hanya sebatas untuk memperpanjang dari telepon saja. Jadi pengguna WhatsApp tidak harus mendaftar lagi untuk mendapat fungsi utama aplikasi.
  • Setelah itu, nantinya WhatsApp yang ada di ponsel otomatis mengaktifkan kamera pemindai kode QR.
  • Kamu diminta untuk mengambil kode QR yang telah ditampilkan pada situs web Whatsapp. 
  • Kemudian, WhatsApp pada perangkat ponsel akan terhubung dan disinkronkan dengan web WhatsApp yang sudah diakses di komputer. Fungsi web ini hanya perpanjangan dari ponsel, jadi pengguna tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan fungsi baru.

Langkah menggunakan WhatsApp Web di atas adalah yang paling dasar. Untuk tutorial lainnya tentu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna WA Web terlebih dahulu. 

Langkah Memulai Percakapan, Mengirim Media dan Juga Melakukan Tautan Pada Web WhatsApp 

Langkah-Memulai-Percakapan-Mengirim-Media-dan-Juga

Cara untuk memulai percakapan di WhatsApp Web hampir sama dengan WhatsApp yang telah di download di smartphone kamu. Pengguna cukup mencari kontak yang ingin diajak bercakap di WhatsApp saja. Ketuk saja bidang pencarian yang berada di kiri atas untuk memudahkan proses pencarian kontak.

Pencarian tersebut punya simbol seperti kaca pembesar yang berada di halaman atas tampilan website. Setelah menemukan kontak yang diinginkan, kamu cukup mengirim atau mengajak kontak tersebut untuk mengobrol. Mudah dan tidak ribet bukan?

Bagaimana untuk yang ingin mengirim foto atau video di WhatsApp Web? Caranya juga tidak kalah mudah. Pengguna cukup klik tombol pin yang ada di sebelah tombol titik pada pojok kanan atas situs saja. 

Atau pilihan alternatifnya, kamu bisa menyeret foto dari dokumen ke bidang obrolan kontak yang diinginkan. Meski banyak layanan yang dapat digunakan, ada juga batasan bagi yang menggunakan WA Web.

Misalnya, pengguna tidak bisa melakukan pembaruan status pada Web whatsapp. Mengingat, layanan atau fitur ini tidak dapat digunakan di Web WhatsApp. Kendari demikian, pengguna tetap bisa melihat status kontak yang telah disimpan

Untuk melihat status atau story kontak, pengguna cukup memilih simbol bulat yang berada di atas saja. Kemudian setelah itu, status kontak otomatis akan ditampilkan.

Fitur yang Ada di WhatsApp Web Terbaru 

Fitur-Yang-Ada-di-WhatsApp-Web-Terbaru

Dari fitur yang ditawarkan, bisa disimpulkan jika WhatsApp Web punya keterbatasan dibanding WhatsApp APK yang didownload di perangkat Android atau IOS. Jadi, perhatikan apa dulu fiturnya agar nanti bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan baik. Adapun fitur yang dimaksud sebagai berikut :

  • WhatsApp Web sudah terhubung dengan keyboard yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengirim pesan.
  • Pengguna dapat mengelola obrolan grup tempat serta dapat menulis pesan hingga berbagi foto dan video sampai 256 orang sekaligus dalam satu grup pengiriman. 
  • Pengguna juga bisa menentukan pengaturan lanjutan di dalam grup yang dimiliki, diantaranya seperti mematikan dan juga menyalakan pemberitahuan WhatsApp.
  • Pengguna dapat mengunduh dan juga membagikan foto, video dan dokumen, langsung dari komputer masing-masing.
  • Dapat melakukan pengiriman emoticon, stiker, dan juga pesan suara seperti WhatsApp APK.
  • Dapat digunakan untuk membalas, memindai dan juga meneruskan pesan tertentu.
  • Dapat digunakan untuk mengubah profil WhatsApp seperti yang diinginkan.
  • Dapat digunakan untuk melihat informasi kontak yang telah tersimpan.

Dari fitur yang disematkan di WA Web, bisa disimpulkan fitur yang disematkan di sini memang tidak terlalu berbeda dengan versi aplikasinya. Mengingat versi web hanya sebagai penghubung komunikasi bagi pengguna saat memakai di komputer.

Jadi, kamu yang sudah terbiasa memakai WhatsApp versi aplikasinya tak akan bingung saat menggunakan versi webnya. 

Keuntungan yang Didapatkan Saat Menggunakan WhatsApp Web

Keuntungan-Yang-Didapatkan-Saat-Menggunakan-WhatsApp-Web

Hingga sekarang perpesanan WhatsApp banyak digunakan untuk kegiatan bisnis. Baik untuk menjawab pertanyaan para pelanggan, keluhan yang diberikan oleh konsumen, deskripsi produk ataupun teknik promosi produk pada umumnya. 

Sebagai informasi, WhatsApp Business telah disediakan atau dapat digunakan di PC ataupun laptop. Dengan bantuan web WhatsApp, kamu dapat menghemat banyak waktu dengan jenis tugas yang umumnya digunakan di WhatsApp.

Contohnya seperti dapat menyiapkan draft di komputer ataupun laptop dengan lebih mudah. Dengan akses WA Web ini, penggunanya dapat menjawab seluruh pertanyaan tanpa harus berulang kali mengetik secara manual.

Promosi yang dilakukan dapat diambil dengan menentukan gambar yang telah disimpan di komputer terlebih dahulu. Hal ini tentu saja juga sebanding dengan keuntungan menggunakan WhatsApp Web lewat smartphone yang dapat digunakan untuk mengirim file penting seperti foto, dokumen atau video dengan mudah dan cepat.

Karena seperti yang kita tahu bahwa file penting biasanya selalu disimpan di komputer. Hal tersebut bertujuan agar pengguna dapat melakukan pengambilan file secara instan tanpa mentransfer file tersebut ke handphone terlebih dahulu.

Belum lagi pengguna juga bisa menghubungkan lebih dari satu akun WhatsApp dengan mudah meskipun sedang menggunakan browser yang berbeda. Keuntungan inilah yang tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna Web WhatsApp.

Kekurangan Yang Dimiliki WA Web

WhatsApp Web bukan sebuah fitur yang sempurna dari WhatsApp. Mengingat ada beberapa kekurangan yang dapat kamu rasakan saat memakai fitur ini. 

Sebelum menggunakan WA versi website, tentu saja kamu harus tahu apa saja kekurangannya. Lantas apa saja kekurangan yang ada pada WhatsApp Web? Berikut beberapa kekurangan yang bisa pengguna dapatkan :

1. Membutuhkan akses internet yang stabil dan kuat

Bagi pengguna yang ingin menggunakan WhatsApp Web, ada baiknya menyiapkan koneksi internet terlebih dahulu. Pastikan menggunakan koneksi internet yang stabil dan kuat agar WhatsApp Web dapat digunakan dengan baik tanpa kendala. Tanpa koneksi yang lancar, biasanya WhatsApp Web menjadi sulit merespon akses.

2. Tidak bisa melakukan panggilan online (Voice maupun Video Call) seperti biasanya

Seperti yang kita tahu bahwa fitur panggilan video dan panggilan suara adalah salah satu fitur penting bagi WhatsApp. Kendati penting, fitur ini tidak bisa kamu temukan di WhatsApp Web sehingga kurang lengkap.

3. Dapat menguras daya baterai

Karena pemakaian WhatsApp Web sepenuhnya sesuai dengan koneksi yang ada pada handphone, tentu saja penggunaan daya baterai menjadi lebih besar bagi handphone. Sehingga, pengguna WA Web menjadi lebih panas dibanding WhatsApp umumnya. 

4. Tidak dapat digunakan ketika handphone tidak aktif atau mati

Pengoperasian WhatsApp Web juga secara teknis menyesuaikan dengan perangkat handphone yang kamu gunakan. Hal tersebut membuat handphone yang tidak aktif, juga membuat WhatsApp Web tidak dapat digunakan juga.

5. Ada batasan pada satu pengguna/perangkat  WhatsApp Web di dalam satu akun yang diakses

Pemakaian WhatsApp kecuali di handphone (WhatsApp Mobile) hanya menyesuaikan pada satu perangkat lain yang digunakan. Jadi, kamu uang ingin menggunakan WhatsApp Web untuk kebutuhan bisnis tentu saja harus diperhatikan lebih dalam. 

Pasalnya customer service agent hanya bisa menyalurkan pusat untuk pemakaian satu perangkat saja. Juga tidak dapat membagikan beban pekerjaan untuk beberapa orang sekaligus. Hal tersebut dapat diatasi dengan memakai platform perpesanan pihak ketiga alias Mod.

Menggunakan WA Web memang banyak keunggulannya. Jadi, kamu yang sudah punya akun WhatsApp bisa mencoba layanan ini saat membutuhkannya.

Baca Juga: